Tips Supaya Warna Kentang Tidak Menjadi Cokelat Setelah Dikupas

Artikel terkait : Tips Supaya Warna Kentang Tidak Menjadi Cokelat Setelah Dikupas

Pasti pernah mengupas kentang kan? Apa yang terjadi apabila kentang yang sudah dikupas tadi dibiarkan terbuka pada suhu ruangan? warnanya akan berubah menjadi coklat bukan? Perubahan warna ini adalah karena disebabkan oleh adanya aktivitas enzim peroksidase dan katalase yang ada di dalam kentang yang bereaksi dengan oksigen (browning enzimatic). Agar tidak berubah warnanya maka ulasan berikut adalah tips supaya warna kentang tidak menjadi coklat setelah di kupas yang semoga dapat bermanfaat. Ikuti cara berikut ini:

Tips Supaya Warna Kentang Tidak Menjadi Cokelat Setelah Dikupas

Tips Supaya Warna Kentang Tidak Menjadi Cokelat Setelah Dikupas
Air Lemon
Perasan air lemon mengandung pH yang rendah, dan sering dipakai untuk mencegah terjadinya perubahan warna menjadi cokelat. Perasan air lemon juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya pencoklatan pada buah apel. Cara yang dilakukan adalah sesudah kentang dikupas dan juga dipotong-potong, masukkan potongan kentang ke dalam campuran ¾ cangkir air perasan lemon dan 1 cangkir air. Kemudian tiriskan kentang sebelum dimasak. Pemakaian perasan air lemon akan mempengaruhi rasa kentang/ masakan menjadi lebih asam.

Air Dingin
Selain dengan menggunakan perasan air lemon cara mencegah agar warna kentang tidak berubah menjadi coklat setelah dikupas adalah dengan memakai air dingin. Dengan memanfaatkan air dingin yang bersuhu di bawah 4 derajat Celsius bisa menghambat aktivitas enzimatik dan ketersediaan oksigen yang dapat mencegah proses terjadinya pencokelatan. Cara yang dilakukan adalah dengan dengan meletakkan kentang yang telah dikupas dan dipotong ke dalam air dingin yang ersuhu di bawah 4 derajat celcius. Kemudian kentang diiriskan terlebih dahulu pada saat kentang akan dimasak. Pada teknik ini tidak akan mempengaruhi rasa kentang/ masakan, berbeda dengan pemakaian perasan air lemon.

Rendam hingga tertutupi
Tips yang dapat dilakukan adlah dengan memasukkan kentang yang telah dikupas/ dipotong ke dalam wadah yang telah berisi larutan air dan garam. Diamkan kentang terendam di air garam, usahakan cuma sekali saja proses perendaman dan seluruh kentang dapat terendam dengan baik. Selanjutnya adalah memindahkan ke wadah yang lain segera sesudah selesai proses perendaman. Apabilla dalam proses perendaman tersebut terdapat permukaan dari kentang yang tidak terendam penuh, maka sebaiknya langsung ditambahkan air hsampai seluruh bagian kentang menjadi tertutupi oleh air.

Suhu Panas
Cara yang selanjutnya adalah dengan memakai suhu panas. Hal ini karena suhu panas dapat menghancurkan enzim yang menyebabkan terjadinya perubahan warna coklat pada kentang. Perebusan kentang dapat digunakan dalam teknik ini. Kentang yang telah dikupas dan dipotong dapat langsung dilakukan perebusan. Caranya adalah kentang direbus pada waktu air masih belum mendidih, dan diangkat pada saat air telah mendidih, waktunya sekitar 2 - 3 menit. Pada waktu air rebusan kentang dibuang, maka kentang harus langsung dimasukkan ke dalam air es. Dengan air es akan menghentikan proses memasak dan juga akan mencegah tekstur kentang supaya tidak lembek. Kemudian sebelum dimasak tiriskan terlebih dahulu.

Demikian artikel Tips Supaya Warna Kentang Tidak Menjadi Cokelat Setelah Dikupas di fatih-io.com. Terimakasih.

Artikel www.Fatih-iO.com : Smart, elegan dan tetap semangat...!! Lainnya :

Copyright © 2015 www.Fatih-iO.com : Smart, elegan dan tetap semangat...!! | Design by Bamz
undefined